Senin, 11 Juni 2012

Percaya Diri, Saling Percaya dengan Rekan dan Percaya Kepada Tuhan

Waduuh judulnya agak berat ya? Mungkin ada yang bertanya seperti itu. Memang judulnya agak berat tapi dengan diaplikasikannya lewat game semua jadi ringan dan mudah dicerna.

Pondasi utama dalam membangun tim berikut kerjasama tim adalah saling percaya. Untuk itu Cakrawala Outbound sengaja memilih game trust building yaitu trust fall sebagai pembuka game outbound. Bagi kami 3 pondasi utama yang pertama untuk sukses adalah:

  • Percaya pada diri sendiri
  • Saling percaya dengan rekan satu tim
  • Dan yang utama adalah percaya kepada Tuhan

Ketiga pondasi tersebut ada dalam game trust fall. Kami memberikan 2 tahapan tantangan trust fall kepada para peserta outbound training, karyawan FTI Unpar. Pertama adalah berpasangan. Orang yang berada di depan jatuh dan ditanggap atau disangga oleh rekan di belakangnya. Sedangkan tahapan kedua. Salah seorang peserta yang berada pada posisi berdiri di ketinggian kurang lebih sepundak rekannya, jatuh ke belakang dan rekan-rekan satu tim menangkap tubuhnya dengan sebuah jala yang kuat.

Peserta yang jatuh dianggap berhasil bila ia mampu jatuh bagaikan pohon tumbang alias tubuhnya jatuh ke belakang dengan posisi tegak lurus. Bila ada peserta yang jatuhnya tidak tegak lurus, berarti ada masalah dengan percaya diri atau percaya dengan rekan atau pasrah (percaya dengan Tuhan).



Trust fall berpasangan adalah pemanasan awal sebelum tantangan trust fall yang lebih dahsyat, yaitu jatuh dari tempat yang lebih tinggi dan ditangkap oleh rekan-rekan satu tim dengan jalan yang kuat. Semakin kuat rasa percaya diri, rasa percaya dengan rekan-rekannya dan kuat rasa percaya (iman) dengan Tuhan maka seseorang bisa melaksanakan trust fall dengan baik.

Naah, mau tahu siapa saja karyawan FTI Unpar yang sanggup jatuh bagaikan pohon tumbang? Atau mau tahu beberapa yang.. he.. he..  jatuhnya pantat duluan, silahkan lihat dibawah ini. Eh dinilai sendiri aja ya.. gak enak kalau kami yang beri penilaian. Yang jelas mereka yang sudah mau jatuh kami beri dua jempol karena keberaniannya.





Saksikan Videonya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar